Mengetahui Lebih Dalam Apa Itu Compressor Screw

Salah satu kompresor yang banyak digunakan di dunia industri adalah compressor screw. Sesuai dengan namanya, kompresor ini bekerja dengan menggunakan sistem ulir (screw). Jadi, udara masuk melalui saluran masuk ke sistem screw yang berputar dan mengompres udara. Kemudian, udara terkompresi disalurkan ke tangki penyimpanan udara. Kesimpulannya, prinsip kerja screw kompresor adalah menghisap, mengompres, dan mengeluarkan udara. Screw kompresor ini umumnya digunakan dalam industri manufaktur. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai compressor screw ini, mari simak penjelasan di bawah ini!

Jenis Compressor Screw
Ada 4 jenis screw kompresor, yaitu screw kompresor tunggal, screw kompresor ganda, screw kompresor bebas oli (oil-free), dan kompresor injeksi oli (oil-injected).
• Sistem screw kompresor tunggal sama dengan kompresor ganda. Perbedaannya adalah penggunaan satu ulir yang diapit oleh dua komponen roda gigi yang memutar dan mengompres udara.
• Screw kompresor ganda disebut demikian karena memiliki sistem dua ulir yang berdekatan berputar dalam arah yang sama, sehingga udara yang masuk melalui inlet port dikompresi oleh 2 ulir yang berputar.
• Di sisi lain, kompresor bebas oli dan kompresor injeksi oli memiliki sistem kerja yang sama. Perbedaannya bergantung pada seri mesin.

Cek Juga: Servis Kompresor

Bagaimana Cara Kerja Compressor Screw?
Compressor screw beroperasi dengan menggunakan dua buah screw yang berputar di dalam ruang screw yang disebut air end. Kedua screw berputar dengan digerakkan oleh motor. Perputaran kedua rotor screw ini kemudian menciptakan suction pada intake valve dan menghasilkan udara bertekanan melalui outlet atau lubang discharge. Udara bertekanan tersebut kemudian dialirkan ke separator tank. Tujuannya tak lain adalah untuk memisahkan udara terkompresi dengan oli. Sesuai dengan namanya, di dalam separator tank terdapat separator yang berfungsi untuk menangkap partikel oli saat campuran oli dan udara melewati separator. Minyak jatuh ke dasar tangki dan udara akan melewati separator. Adapun udara terkompresi yang keluar dari tangki memiliki suhu sekitar 800˚C hingga 900˚C. Oleh karena itu, perlu didinginkan menggunakan air cooler sebelum akhirnya dikeluarkan melalui air discharge. Namun sebelum itu, udara terkompresi dialirkan kembali ke filter udara screw kompresor dengan tingkat presisi yang lebih tinggi. Hal ini bertujuan untuk menjaga udara tetap bersih dari partikel minyak.

Manfaat Screw Kompresor
Screw kompresor adalah salah satu jenis kompresor yang banyak digunakan di berbagai industri. Dibandingkan dengan jenis kompresor lainnya, compressor screw menawarkan berbagai keunggulan. Di bawah ini adalah keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan kompresor tersebut.
1. Compressor screw dapat bekerja selama 24 jam non-stop. Kemampuan ini jauh berbeda dengan kompresor piston yang hanya bisa bekerja maksimal sekitar 8 jam. Oleh karena itu, screw kompresor sangat ideal untuk pabrikan besar yang beroperasi dengan intensitas tinggi.
2. Anda dapat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.
3. Compressor screw lebih tahan lama, lebih kuat, dan lebih stabil.
4. Perawatan dan pemeriksaan mesin lebih mudah.
5. Konstruksi, pengoperasian mesin, dan fasilitasnya sederhana.
6. Memiliki debit dan tekanan pengiriman udara yang lebih besar jika dibandingkan dengan kompresor piston.
7. Tingkat kebisingan yang rendah.
8. Jika terjadi kebocoran udara, maka tidak menimbulkan polusi dan juga tidak menimbulkan bahaya.
9. Bekerja lebih halus dari jenis piston.

Sumber: Compressor Screw

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.