Sejarah dan Perkembangan Hotel di Indonesia

Hotel adalah sebuah bangunan dengan banyak kamar yang dapat disewa untuk ditempati dalam jangka waktu tertentu dan sebagai tempat makan bagi orang yang bepergian. Hotel biasanya terletak di kota maupun di dekat tempat wisata. Dengan demikian jarak antara tempat wisata ataupun kegiatan lain dengan hotel bagus di Bandung tidak terlalu jauh.

Baca Juga : Cara Menyewa Office Spaces

Sejarah Hotel

Cikal bakal perkembangan hotel diawali pada masa Romawi dengan adanya  rumah penginapan yang bernama mansiones. Mansiones terletak di sepanjang jalan utama kota untuk disewakan kepada para pelancong.

Seiring berjalannya waktu semakin banyak orang yang melakukan perjalanan jauh. Biasanya untuk kepentingan berdagang, ziarah atau kegiatan militer. Rumah penginapanpun semakin banyak bermunculan.

Setelah abad pertengahan rumah penginapan menawarkan berbagai fasilitas pendukung lain. Fasilitas tersebut berupa tempat makan, salon, dan bar. Semakin banyak pula jumlah kamar yang mampu disewakan.

Hotel mulai ada di kota besar di Eropa dan Amerika pada abad ke 18. Perkembangan hotel semakin meningkat pada abad ke 19. Mulai ada fasilitas lain untuk pertemuan dan dilengkapi teknologi berupa televisi dan telepon. 

Artikel Lainnya : Tips Sewa Ruang Kantor Jakarta

Kemudian pada abad ke 20 semakin banyak hotel dibuka seiring dengan perkembangan perjalanan bisnis. Perkembangan di bidang pariwisata juga menimbulkan banyaknya hotel baru bermunculan. Banyak hotel resort yang menyediakan paket penginapan beserta akomodasi. 

Pada masa Perang Dunia II tidak ada hotel baru namun perkembangan hotel terus meningkat dengan perbaikan fasilitas dan pelayanan hotel. Selanjutnya hotel-hotel besar di Amerika mengembangkan popularitasnya dengan mendirikan hotel di negara lain dengan sistem franchise.

Perkembangan Hotel di Indonesia

Perkembangan hotel di Indonesia diawali pada masa penjajahan Belanda. Pembangunan hotel bertujuan untuk memberikan fasilitas kepada para wisatawan pada masa itu.

Perkembangan pesat terjadi setelah masa orde baru. Di kota-kota besar mulai terdapat jaringan hotel internasional. Seiring dengan kemajuan bidang pariwisata hotel semakin banyak bermunculan untuk mendukung kemajuan wisata di Indonesia.

Hotel banyak dibangun di tempat strategis yang mudah dijangkau oleh wisatawan seperti hotel bagus di Bandung. Tentu hotel yang ditawarkan memiliki fasilitas dan harga yang berbeda-beda. Untuk memilih hotel yang cocok bisa melihat rekomendasi hotel di Bandung. 

Kunjungi Juga : Office Rental & Perbedaan Co-Working Space Jakarta

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.