Tips Mendapatkan Beasiswa Prestasi

Anda yang ingin mendapatkan beasiswa prestasi dan kuliah di universitas impian Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Persiapkan Kapasitas Diri

Jangan puas dengan prestasi yang sudah Anda raih. Beasiswa prestasi memang mengukur pencapaian prestasi. Tapi jangan sekedar berfokus pada jumlah prestasi, pastikan prestasi Anda juga bisa berdampak pada orang lain.

Selain itu, Anda harus tetap belajar atau berlatih supaya prestasi Anda bisa dipertanggung jawabkan.

Seleksi beasiswa prestasi cukup sulit. Anda umumnya akan di tes dengan berbagai hal seperti tes wawancara, tes pemberkasan, tes tertulis dll. Persiapkan kapasitas diri Anda untuk menghadapi berbagai tes tersebut.

2. Kumpulkan Informasi

Giatlah dalam mencari informasi. Beasiswa prestasi tidak akan datang menghampiri. Anda harus bergerak lebih dulu, bersikaplah proaktif mencari informasi beasiswa 2020-2021.

Riset lembaga-lembaga yang sering mengeluarkan beasiswa. Cek timeline atau jadwal pendaftaran, syarat-syarat, dll. Apakah masih ada beasiswa prestasi 2020 yang belum mencapai deadline.

Kumpulkan juga informasi mengenai beasiswa yang relevan dengan prestasi Anda.

Selain dari website, Anda juga bisa meminta rekomendasi dari dosen atau kakak tingkat.

Beberapa vlogger dan blogger berpengalaman kerap memberi tips. Kumpulkan seluruh informasi tersebut. Dengan mendapat berbagai informasi tersebut, Anda akan lebih siap dan PD karena bekal pengetahuanmu terhadap beasiswa tersebut lebih banyak.

3. Apply Lebih Awal

Jika informasi pendaftaran sudah Anda ketahui, jangan terlalu lama dalam memilih. Pilih beasiswa yang paling cocok dengan prestasi atau yang paling pas. Kemudian apply pada awal-awal pendaftaran, jangan terlalu lama bimbang.

Semakin cepat berkas Anda masuk, pihak pemberi beasiswa bisa lebih lama mempertimbangkan nama Anda.

Perhatikan juga masalah pemberkasan. Lengkapi seluruh berkas yang dipersyaratkan, jangan sampai terlewat. Kesalahan administrasi semacam ini kerap menjadi penyebab kegagalan.

4. Persiapkan Essay dan CV Menarik

Lembaga yang mengeluarkan beasiswa umunya  meminta essay dan CV sebagai salah satu syarat. Buatlah sesuatu yang bisa menarik perhatian penguji.

Cari banyak referensi untuk menunjang pembuatan Essay dan CV. Jangan lupa, kejujuran adalah hal yg paling utama.

5. Kuasai Bahasa Inggris

Tidak bisa dipungkiri, penggunaan Bahasa Inggris dalam dunia pendidikan sangat diperlukan. Sebagai calon penerima beasiswa, ada baiknya Anda belajar bahasa Inggris lebih serius. Pastikan Anda menguasai bahasa Inggris hingga pada level advance.

Terlebih jika ingin mendaftar ke kampus luar negeri. Ada standar minimum nilai TOEFL yang dipersyaratkan.

This entry was posted in Pendidikan. Bookmark the permalink.