MEMPERKENALKAN INDUSTRI KIMIA KHUSUS

Ialah produk kimia yang menjadi dasar banyak sektor industri lainnya. Ini sebab bahan kimia khusus yakni produk yang dipasarkan menurut performa atau fungsinya ketimbang komposisinya. Mereka bisa berupa entitas kimia tunggal atau formulasi yang komposisinya betul-betul memengaruhi performa dan pemrosesan produk pelanggan. Sebagian golongan bahan kimia khusus yakni lem, bahan kimia pertanian, bahan pembersih, pewarna, bahan tambahan kosmetika, bahan kimia konstruksi, bahan tambahan makanan, wangi-wangian, pelumas, cat, polimer, bahan asisten tekstil, dan banyak lagi. Sektor industri seperti otomotif, dirgantara, makanan, kosmetika, pertanian, manufaktur, dan tekstil betul-betul bertumpu pada produk dari bahan kimia khusus ini. Untuk mengenal lebih lanjut seputar bahan kimia khusus ini, mari kita lihat penjelasan berikut.

Golongan Bahan Kimia Komersial

Sebelum membahas lebih jauh bahan kimia khusus, ada bagusnya mempelajari dahulu seputar golongan bahan kimia. Menurut golongan komersial bahan kimia, bahan kimia yang diproduksi oleh industri kimia bisa dibagi menjadi tiga golongan besar:

Bahan kimia komoditi

yakni bahan kimia yang diproduksi dalam jumlah besar dan secara awam, aplikasinya bisa diselidiki kembali ke struktur kimianya. Untuk alasan ini, apabila Anda memeriksa dua komoditi yang diproduksi oleh dua pemasok yang berbeda, melainkan dengan struktur dan kemurnian kimia yang sama, mereka bisa dikatakan identik dan gampang ditukar. Tak cuma itu, komoditi kimia ini juga lazimnya diproduksi oleh pabrik secara terus menerus dan biasanya biayanya relatif rendah. Model bahan kimia komoditi yakni amonia dan etilena oksida.

Baca Juga : Water Chemicals

Bahan kimia khusus (atau bahan kimia khusus)

Menurut campuran beragam bahan kimia, bahan kimia khusus dirancang dan diproduksi untuk dipakai dalam aplikasi tertentu. Formulasi bahan kimia khusus yakni hasil dari penelitian ilmiah yang dijalankan oleh perusahaan manufaktur sehingga tiap formulasi dan sifat berkaitan yakni unik. Sebab alasan ini, bahan kimia khusus mempunyai sifat yang berbeda dari bahan kimia komoditi. Perbedaannya yakni bahwa Anda tak akan dengan gampang menemukan kembali struktur kimianya dan menukar dua spesialisasi berbeda yang diciptakan oleh dua pemasok yang berbeda. Model aplikasi kimia khusus yakni industri farmasi dan pertanian. Mereka diproduksi oleh pabrik batch dan biasanya mempunyai tarif lebih tinggi diperbandingkan dengan bahan kimia komoditi.

Bahan kimia halus

Sebagai bahan kimia komoditi, mereka yakni bahan kimia yang dicirikan oleh struktur kimianya, melainkan berbeda dengan bahan kimia komoditi, bahan kimia halus ini diproduksi dalam jumlah kecil. Bahan kimia halus bisa dipakai sebagai bagian dalam formulasi bahan kimia khusus. Contohnya, bahan aktif obat farmasi yakni bahan kimia, melainkan obat farmasi yakni bahan kimia khusus. Model aplikasi bahan kimia halus yakni farmasi, pertanian, bahan kimia fotografi, dan industri bahan kimia elektronik. Seperti bahan kimia khusus, mereka juga diproduksi oleh pabrik batch dan biasanya mempunyai tarif yang relatif tinggi. – Paper Chemicals

Bahan Kimia Khusus

Menurut penjelasan singkat di atas, bahan kimia khusus bisa didefinisikan sebagai bahan yang dipakai menurut performa atau fungsinya. Oleh sebab itu, di samping bahan kimia \\”efek\\”, mereka kadang-kadang disebut sebagai bahan kimia \\”performa\\” atau bahan kimia \\”formulasi\\”. Mereka dapat berupa molekul unik atau campuran molekul yang diketahui sebagai formulasi. Karakteristik lahiriah dan kimia bahan kimia khusus dalam format molekul tunggal atau campuran molekul terformulasi atau komposisi campuran akan memberi pengaruh performa produk akhir.

Sumber Artikel : Specialty Chemicals

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.