Sistem Membersihkan Rantai Motor Yang Benar

Sistem Membersihkan Rantai Motor Yang Benar

Rantai motor adalah salah satu bagian yang perlu mendapatkan perawatan rutin. Sebab fungsi rantai cukup vital, ialah untuk meneruskan daya yang disalurkan dari transmisi ke roda belakang. Bila tak dirawat, rantai motor akan pesat kering dan kendur, sehingga saat motor dikendarai akan memunculkan bunyi yang bising. Kecuali itu, rantai motor yang kendur juga akan mengurangi tarikan (akselerasi) motor. Karenanya itu rantai motor kau seharusnya rajin-rajin dirawat ya Otolovers.

Baca : Pelumas anti karat

Pertama yang seharusnya dijalankan lebih dulu yaitu mengenal variasi rantai yang terpasang di motor. Rantai motor sendiri dibagi menjadi 2 variasi, rantai lazim dan rantai variasi O-Ring. Untuk rantai lazim pengerjaan pembersihannya lebih gampang sebab rantai variasi ini terdiri dari logam-logam yang saling terhubung. Sementara untuk rantai variasi O-Ring, pembersihannya seharusnya hati-hati sebab rantai variasi ini memakai material karet untuk mengaitkan antar mata rantai. Langkah kedua yang seharusnya dijalankan yaitu memosisikan motor secara tegak memakai standar tengah. Atau sekiranya motornya tak dibekali standar tengah, dapat memakai paddock.

Sesudah itu, tahap ketiga yaitu mengecek rantai motor dan sprocket gear. Sebagian detil yang perlu diperiksa yaitu tingkat keausan mata rantai. Sistem mengeceknya dapat dengan menggoyangkan rantai ke kanan-kiri, dan menariknya ke belakang. Bila rantai hal yang demikian sungguh-sungguh kendur, berarti tandanya mulai aus. Kecuali rantai, yang perlu diperiksa yaitu sprocket gear. Sprocket gear yang aus dapat nampak dari ciri-ciri mata gear yang mulai menajam. Bila berharap mengganti, dianjurkan mengganti rantai dan gear sekalian.

Langkah keempat mulai menjelang pengerjaan pembersihan rantai. Caranya dengan menyemprotkan rantai dengan cairan penetran, atau sekiranya tak ada dapat memakai minyak tanah. Lalu diamkan sebagian ketika. Sesudah itu, langkah kelima yaitu membersihkan rantai motor dengan sikat khusus atau sikat gigi yang telah tak terpakai. Sikat lantai dengan pelan dan pastikan kotoran sisa oli dan debu disingkirkan. Bila telah, tahap keenam yaitu menyemprot kembali rantai dengan cairan penetran atau minyak tanah. Pengerjaan ini akan membikin kotoran di sekitar rantai dan gear rontok. Sesudah itu, jangan lupa mengeringkan rantai motor dengan lap kering.

Baca juga : Carburator cleaner

Langkah terakhir dalam pengerjaan ini ialah melumasi rantai dengan cairan chain lube. Semprotkan chain lube di mata gear dan rantai secara merata. Dan ingat, jangan sekali-kali memakai oli bekas untuk melumasi rantai, sebab oli bekas mengandung kotoran yang dijadikan dari pengerjaan pelumasan di mesin. Kecuali itu, oli bekas juga bikin debu dan kotoran melekat di rantai.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.