TIPS CARA MUDAH BELAJAR DIGITAL MARKETING SECARA GRATIS

TIPS CARA MUDAH BELAJAR DIGITAL MARKETING SECARA GRATIS

Bagaimana metode terbaik untuk belajar komputerisasi marketing dengan pesat dan tidak dipungut bayaran (tidak dipungut bayaran)? Mungkin Anda telah acap kali mendengar pelbagai nasehat perihal komputerisasi marketing, advertising, metode meningkatkan penjualan, SEO, sosial media marketing, dan bla.bla.bla ujung-ujungnya mereka pun jualan e-book/seminar/workshop, melainkan hening saja disini aku tak sedang jualan buku/ilmu sebab Anda dapat mendapatkannya secara hanya-hanya cuma dengan membaca tulisan-tulisan disini.

Baca : UI UX design agency jakarta

Di akhir nanti aku akan berikan tulisan yang lebih dalam untuk ilmu yang Anda sedang cari/butuhkan (khusus yang ingin tahu lebih terperinci), aku berkeinginan sampaikan dahulu bahwa untuk menjadi seorang komputerisasi marketer yang handal Anda perlu 2 hal, merupakan:

Jangan terlalu gampang percaya dengan seluruh ilmu yang diajar oleh mereka yang mengaku ahli SEO, pakar pemasaran komputerisasi, dan expert-expert marketing lain (termasuk aku).
Jangan menghabiskan banyak waktu untuk membaca-baca tulisan perihal online marketing, seminar/workshop perihal komputerisasi advertising/penjualan, dan ilmu-ilmu “basic” lainnya (termasuk tulisan di blog ini).
Mengapa aku memberi anjuran hal hal yang demikian? Sebab aku pribadi sudah menjalaninya dan mengerjakan kekeliruan-kekeliruan diatas selama bertahun-tahun di permulaan perjalanan bisnis online aku, hasilnya aku mengalami banyak kegagalan dan buang banyak waktu untuk hal yang tak penting. Aku bukannya anti dengan “orang yang jualan ilmu marketing” padahal memang kedengarannya aneh seorang ahli marketing memasarkan ilmu marketing pada sesama marketer lainnya (ibarat motivator jualan semangat pada sesama motivator), dan lazimnya apa yang mereka tawarkan hakekatnya telah tersedia tidak dipungut bayaran di dunia online atau pun telah menjadi pengetahuan yang lazim, melainkan bagi Anda yang memang konsisten berkeinginan membayar untuk tahu lebih dalam lagi tak ada salahnya mencoba beli buku atau ikuti seminar yang ada, disini aku cuma berikan pilihan opsi khusus bagi mereka yang memang berkeinginan belajar kiat komputerisasi marketing secara tidak dipungut bayaran dan lebih gampang.

Baca juga : Website design jakarta

Dikala aku mengawali bisnis online di tahun pertama, aku banyak gagal, meskipun aku telah ikuti seluruh arahan para “ahli” atau orang yang mengaku temperatur, master, guru besar, hingga dewanya komputerisasi marketing dan startup expert, melainkan seluruh konsisten zonk usai dengan kegagalan, pun apa yang aku jalani pada prakteknya tak cocok sama sekali dengan teori-teori yang diajar.

Contoh yang aku lakukan berikutnya? Aku stop membaca blog/tulisan perihal komputerisasi marketing, aku stop membaca teori-teori perihal bisnis online dan startup, aku mengerjakan hal yang paling penting merupakan “testing”. Aku tak lagi terpaku dengan teori yang ada, tetapi lebih mengaplikasikan data dalam berbuat, figur seperti dikala aku menulis tulisan di blog ini aku senantiasa mengaplikasikan data di analitik untuk menelaah mana konten yang memang sedang dicari visitor, keyword apa yang mereka ketik, mengapa tulisan ini dapat viral (banyak share), mengapa tulisan ini dapat banyak komen, dan aku senantiasa mencoba mencari kesempatan baru menurut apa yang pembaca inginkan.

Dikala Anda stop membaca konten-konten marketing sampah/basi di dunia online dan menjadikan konten Anda sendiri, dari situlah hakekatnya kans Anda timbul untuk menjadi orang yang benar-benar pakar dalam dunia komputerisasi marketing, pengalaman secara lantas mengerjakannya akan jauh lebih bernilai daripasa sekadar membaca teori-teori yang mungkin telah kadaluarsa, teori mengatakan konten yang elegan dan bermutu akan populer, tetapi konten drama dan kontroversi pun lebih familiar, teori mengatakan produk bermutu dan branded akan menang, tetapi produk KW dan murah pun lebih laku, that’s life, itulah realita, seringkali teori tak pernah berjalan cocok dengan prakteknya di jalan.

Setahu aku mereka yang betul-betul hebat dalam komputerisasi marketing tak pernah menganggap dirinya sebagai ahli komputerisasi marketing atau temperatur SEO atau growth hacker, mereka terlalu sibuk dengan kontennya sendiri sehingga tak sempat memikirkan status-status bullshit untuk dirinya sendiri, youtuber-youtuber yang berhasil sibuk membikin konten, meskipun yang dibawahnya sibuk membikin video perihal metode menerima views/subscriber (hingga jualan e-book) meskipun views dan subs nya sendiri tak ada, blogger-blogger yang menjadikan jutaan trafik tiap bulannya sibuk membikin tulisan, meskipun yang dibawahnya pun membikin metode menjadikan puluhan juta dari blog meskipun blognya sendiri tak menjadikan uang sama sekali.

Aku pernah berprofesi sebagai komputerisasi marketer (SEO & SEM specialist), aku punya blog yang menjadikan ratusan ribu visitor tiap bulannya, aku punya channel YouTube yang menjadikan ratusan ribu views tiap bulannya, dan aku sendiri telah jarang memandang perkembangan ilmu-ilmu komputerisasi marketing yang bertebaran di dunia online, bagus dalam wujud blog/tulisan, video, seminar, workshop, dan lain-lain.

Kala aku mampir ke sebagian website dan forum perihal online marketing dan menyenangi geli sendiri alangkah ngawurnya teori/pembicaraan yang ada sebab aku sendiri telah mengalami asam manis mencari visitor dan konsumen di dunia dunia online ini, ketimbang sibuk mencari-cari cheat “hack” untuk menerima banyak trafik/konsumen dengan instan, jauh lebih bagus konsentrasi pada produk dan jasa yang Anda berikan, sibuklah menjadikan value, sebab itulah yang benar-benar penting dan ialah metode tercepat untuk menjamin kesuksesan Anda.

Mau menjadi pakar marketing yang hebat? Mulailah menolong orang lain, ciptakan value, sibuklah membikin konten, buatlah produk/jasa yang betul-betul dibikin sebab niat berlapang dada untuk menolong orang lain, sebab pada kesudahannya marketing is about value.

Mana yang lebih penting produk yang luar lazim atau kecakapan marketing/pemasaran yang hebat? Mana yang patut lebih dahulu diprioritaskan?

Anda mungkin pernah mendengar bahwa produk terbaik akan bicara dengan sendirinya dan ada juga yang berkata produk sebagus apa saja akan percuma tanpa marketing yang pas, ada lagi yang berkata produk apa saja dapat laku seandainya kita tahu bagaimana metode memarketingkannya, jadi mana nih yang lebih penting, produk atau marketing?

Sebetulnya keduanya tak patut dipisah-pisah seperti itu, sebab dua-duanya yaitu satu kesatuan yang saling berkesinambungan, tetapi seandainya memang HARUS PILIH 1, aku pribadi lebih memilih PRODUK (setidaknya menurut pengalaman aku semacam itu). Kenapa?

Coba terka kenapa banyak sekali bisnis kecil dan startup gagal?

Sebab beberapa besar dari mereka mengerjakan metode tradisional yang sama seperti:

Mencari pandangan baru dari dunia online
Mencari tahu metode mengerjakannya di dunia online
Mengoptimalkan pandangan baru hal yang demikian dan mengeksekusinya cocok arahan yang ada di dunia online
Tuntunan mau berhasil akan datang nantinya selama kita percaya dan terus berjuang, BOOM…
SALAH BESAR.
Contoh kesalahannya?

Mereka tak punya produk/jasa yang hebat dan betul-betul berbeda sebab cuma mendengar teori sama yang telah dilaksanakan oleh jutaan orang lainnya di dunia online, sebab beberapa besar ilmu yang ada di dunia online cuma mengajari Anda perihal pandangan baru, marketing (gunakan budget iklan/ads), dan bla.bla.bla, tetapi jarang sekali ada yang mengajari Anda bagaimana metode realistis membikin produk/jasa yang benar-benar diperlukan orang dan mempunyai value yang tinggi.

Baca juga : Digital agency jakarta

Tidak simpel ini akan benar-benar menghemat uang/budget dan menolong perkembangan bisnis online/startup/apa saja usaha yang sedang Anda kerjakan:

Sebelum Anda menentukan untuk menjual produk/jasa Anda entah dengan beriklan dan semacamnya, Anda patut menetapkan dahulu apa yang customer Anda inginkan, apa yang REAL mereka ingin dan butuhkan, REAL NEEDS of REAL CUSTOMERS.
Jangan mendukung penjualan dengan blak-blakan apalagi memaksa (hard selling), sebab itu biayanya mahal (bagus dari segi uang, waktu, dan kekuatan), pesat atau lambat bisnis Anda akan lantas mati, yang Anda butuhkan yaitu membikin orang minta produk Anda, buat mereka butuh, konsumen telah lelah memperhatikan seluruh orang jualan (memang pada dasarnya kita seluruh sedang memasarkan sesuatu pada orang lain), mereka berkeinginan menemukan suatu “value”, semacam itu mereka menemukannya mereka akan bersedia membayar dan membelinya.
Anda dapat saja memarketingkan produk/jasa Anda dengan konsep marketing terbaik, dengan kampanye/taktik iklan terbaik, atau menghabiskan dana jor-joran untuk menjadikan sales, dan konsisten saja Anda akan gagal selama produk Anda tak diharapkan orang, berpikirlah dan tanya satu hal penting ini:

Bagaimana metode agar orang ingin, berkeinginan, dan memerlukan produk aku?

Tentu tak gampang mencari jawabannya dan satu-satunya metode terbaik untuk menemukannya yaitu dengan bertanya pada konsumen Anda (ask them), tanya pada sasaran market Anda, tunjukkan produk Anda dan meminta opini/anggapan mereka, tanya mengapa mereka tak menyenangi dengan produk Anda.

dikala aku dikala sedang membikin tulisan game ML di blog ini mulanya tak ada niat untuk membikin tulisan berupa panduan sama sekali, tetapi ada pembaca yang memintanya (so I make it), dan percaya atau tak konten panduan Mobile Legends di blog ini mendonasi trafik terbesar untuk blog Solusik ini, lebih-lebih dari situ aku memperoleh kesempatan baru lagi untuk membikin channel YouTube, jadi jangan pernah anggap sepele “permintaan” dari customer Anda, sebab mereka mungkin mengenal apa yang hakekatnya Anda butuhkan.

Tentu Anda juga bebas menandakan bahwa apa ilmu yang telah aku jelaskan disini salah, pada kesudahannya aku sendiri juga ialah orang random yang berbagi teori di dunia online. Mungkin seandainya Anda punya ilmu dan teori yang lebih bagus dapat share/komen dibawah dan kita saling berbagi. Semoga tulisan ini berkhasiat dan ingat bahwa hampir tak ada orang yang mengajari Anda metode membikin produk/jasa yang hebat secara hanya-hanya di dunia online, sebab itu Anda patut mengerjakannya sendiri, lakukan uji coba (testing), percobaan –> gagal –> percobaan lagi –> gagal lagi, dan teruslah mencoba hingga kesudahannya sukses.

ada panduan metode membikin produk/jasa yang pasti berhasil (seandainya ada pasti yang punya panduan telah melaksanakannya dan berhasil), pada kesudahannya rahasia yang acap kali kita dengar di dunia online bukanlah rahasia lagi, sebab rahasia hakekatnya ada ditempat yang benar-benar dalam dan sedang dilaksanakan secara membisu-membisu oleh mereka yang sedang menuju kesuksesannya.

Motion graphic jakarta

This entry was posted in Teknologi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.